Download Juknis Penilaian Angka Kredit Guru Tahun 2018

Download Juknis Penilaian Angka Kredit Guru Tahun 2018

Download Juknis Penilaian Angka Kredit Guru Tahun 2018.- Menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 pasal 1 menerangkan bahwa jabatan fungsional guru adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil

Sedangkan pengertian angka kredit adalah satuan nilai dari tiap butir kegiatan dan atau akumulasi nilai butir-butir kegiatan yang harus dicapai oleh seorang Guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya.[1]
Download Juknis Penilaian Angka Kredit Guru Tahun 2018
Download Juknis Penilaian Angka Kredit Guru Tahun 2018
Download Juknis Penilaian Angka Kredit Guru Tahun 2018.-Dalam rangka usaha melaksanakan pembinaan Pegawai Negeri Sipil atas dasar sistem karier dan sistem prestasi kerja maka perlu ditetapkan ketentuan-ketentuan tentang pengangkatan dalam pangkat Pegawai Negeri Sipil.
Pangkat adalah kedudukan yang menunjukkan tingkat seseorang Pegawai Negeri Sipil dalam rangkaian susunan kepegawaian dan digunakan sebagai dasar penggajian, oleh sebab itu setiap Pegawai Negeri Sipil diangkat dalam pangkat tertentu.

Kenaikan pangkat adalah penghargaan yang diberikan atas pengabdian Pegawaia Negeri Sipil yang bersangkutan terhadap Negara. Selain daripada itu, kenaikan pangkat juga dimaksudkan sebagai dorongan kepada Pegawai Negeri Sipil untuk lebih meningkatkan pengabdiannya.

Menurut Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009, Jenjang Jabatan Fungsional Guru dari yang terendah sampai dengan yang tertinggi terdiri dari Guru Pertama, Guru Muda, Guru Madya, dan Guru Utama. Penetapan Jabatan Fungsional tersebut di dasarkan pada jenjang pangkat dan golongan dari guru yang bersangkutan. Berikut ini adalah rinciannya:

1.      Guru Pertama, yaitu guru dengan jenjang pangkat:
  • Penata Muda, golongan ruang III/a; dan
  • Penata Muda Tingkat I, golongan ruang III/b
2.      Guru Muda, yaitu guru dengan jenjang pangkat:
  •  Penata, golongan ruang III/c; dan
  • Penata Tingkat I, golangan ruang III/d
3.      Guru Madya,yaitu guru dengan jenjang pangkat:
  •  Pembina, golongan ruang IV/a;
  • Pembina Tingkat I, golongan ruang IV/b; dan
  • Pembina Utama Muda, golongan ruang IV/c
4.      Guru Utama
          Pembina Utama Muda, golongan ruang IV/d; dan
  • Pembina Utama, golongan ruang IV/e
Jenjang pangkat untuk masing-masing Jabatan Fungsional Guru adalah    jenjang pangkat dan jabatan berdasarkan jumlah angka kredit yang dimiliki untuk masing-masing jenjang jabatan.

Bagi rekan guru yang ingin mengajukan usulan Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Guru bisa unduh petunjuk/pedoman penilaiannya di bawah ini.

atau

Silahkan Baca juga :

Subscribe to receive free email updates: