JUKNIS PEDOMAN PENULISAN SOAL SD/MI 2018

JUKNIS PEDOMAN PENULISAN SOAL SD/MI 2018

Juknis Pedoman Penulisan Soal SD/MI 2018.-Penilaian terhadap hasil belajar siswa merupakan salah stau kegiatan rutin yang dilakukan oleh seorang guru.Penilain hasil belajar dilakukan antara lain untuk mendiagnosa kekurangan dan kelebihan yang dimiki peserta didik ,memonitoring hasil perkembangan peserta didik,menilaian ketercapaian kurikulum,memberi nilai peserta didik dan menentukan efektivitas pembelajaran yang tepat bagi peserta didik di kelas.Untuk tujuan-tujuan tersebut dapat digunakan berbagai bentuk dan instrumen penilaian.Namun tes tertulis sampai saat ini masih merupakan istrumen yang dominan digunakan dalam menilai hasil belajar peserta didik.

Juknis Pedoman Penulisan Soal SD/MI 2018.-Tes tertulis secara umum dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu: tes dengan memilih salah satu jawaban (non-constructed response test), siswa hanya memilih dari jawaban yang disediakan, dan tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test), peserta didik harus mengkonstruksikan jawabannya. Tes dengan pilihan jawaban sering dikritik karena dipandang tidak dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). 
DOWNLOAD Juknis Pedoman Penulisan Soal SD/MI 2018
Juknis Pedoman Penulisan Soal SD/MI 2018


Berikut ini kami bagian contoh soal model pengembangan dari soal HOTS yang bisadipergunakan oleh bapak/ibu guru di sekolah untuk melatih keterampilan anak didik maupun bapak/ibu guru sendiri.Karena soal hots membutuhkan pemikiran yang tinggi untuk menganalisa soal-soalnya.
Juknis Pedoman Penulisan Soal SD/MI 2018.- Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan jawaban dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, bila tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya mengukur berpikir tingkat rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal.

Juknis Pedoman Penulisan Soal SD/MI 2018.- Oleh Karena itu penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sunggu sesuai dengan juknis yang sudah ada.Buku pandun ini merupakan upaya untuk membantu para penulis soal agar menghasilkan soal yang berkualitas,dan termasuk soal yang menerapkan prinsip soal HOTS(Higher  Order Thinking Skill).Kaedah penuisan soal ini diharapkan dapat memberikan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut dapat digunakan untuk menilaia haisl belajar peserta didik dalam memberikan informasi yang valid.

Bagi rekan guru yang ingin mengunduh Buku Panduan Penulisan soal SD/MI 2018 ini,kami persilahkan download di bawah ini:
atau 

Silahkan Baca juga kumpulan soal-soal Try Out SD/MI lengkap dengan pembahasanya sebagi langkah awal persiapan USBN Tahun 2018:
KUNCI JAWABAN SOAL UJIAN NASIONAL SD/MI 
  1. Kunci Jawaban Matematika Paket 1.pdf 
  2. Kunci Jawaban B Indo Paket 1.pdf
  3. Kunci Jawaban IPA Paket 1.pdf 
  4. Kunci Jawaban B Indo Paket 2.pdf
  5. Kunci Jawaban Matematika Paket 2.pdf
  6. Kunci Jawaban IPA Paket 2.pdf
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI TAHUN 2017/2018 KLIK DI SINI

Demikian materi seputar Juknis Pedoman Penulisan Soal SD/MI 2018 yang dapat kami bagikan kepada rekan guru pada kesempatan malam ini.Semoga dengan membaca buku panduan pembuatan soal ini bapak/ibu guru bisa menghasilkan soal yang bermutu bagi peserta didik di sekolah.

Subscribe to receive free email updates: