JUKNIS PROPOSAL PENGAJUAN FASILITAS ALAT KESENIAN DI SEKOLAH DARI KEMENDIKBUD 2018

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan(Kemendikbud) sebagai institusi yang bertanggungjawab dalam bidang pembinaan kesenian berusaha untuk memenuhi kebutuhan sarana kesenian tradisional di sekolah-sekolah yang ada di seluruh wilayah Indonesia.Untuk merealisasikan hal tersebut Direktorat Kesenian Kemendikbud bertugas untuk menyediakan fasilitas sarana keseniana di sekolah-sekolah di seluruh wilayah di Indonesia.Sampai akhir tahun 2017 ini,jumlah sekolah yang telah menerima bantuan fasilitas sarana keseniaan  adalah 4.078 sekolah atau 29 persen dari target.
JUKNIS PENGAJUAN ALAT KESENIAAN SEKOALH KEMENDIKBUD 2018
Juknis pengajuan proposal Fasilitas sarana keseniaan sekolah 2018

Dengan jumlah sekolah(SD,SMP,SMA/K,SLB) telah mencapai lebih dari 280.000 sekolah ,maka tugas tersebut menjadi sanagat berat  .Apabila di targetkan 5 persen saja dari keseluruhan,maka jumlah yang harus di fasilitasi adalah 14.000 sekolah.Pada tahun 2018 ini Kemendikbud telah mengalokasikan fasilitas untuk 438 sekolah dengan besara bantuan maksimal 90 juta.


Agar kegiatan fasilitas sarana kesenian di satuan pendidikan tahun 2018 ini dapat dialksanakan dengan baiak,Kememndikbud mengeluarkan petunjuk teknis fasilitas sarana keseniana untuk satuan pendidikan tahun 2018.Petunjuk teknis tersebut mengatur segala hal terkait pelaksanaan kegiatan fasiliats dari tata cara pengajuan proposal,mekanisme penyaluran bantuan sampai dengan pertanggungjawaban keuangan.

Fasilitasi Sarana Kesenian di Satuan Pendidikan adalah kegiatan pemberian bantuan dana secara langsung untuk pembelian sarana kesenian tradisional dari Pemerintah melalui Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada satuan pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD/LB), Sekolah Menengah Pertama (SMP/LB), Sekolah Menengah Atas (SMA/LB). Sekolah-sekolah tersebut dapat mengajukan proposal, kemudian diverifikasi oleh tim yang ditunjuk.


Ada empat kriteria sekolah calon penerima, yakni: 1.Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) termasuk Sekolah Dasar Luar Biasa/SDLB, dan Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa/SMPLB, SMA/K, SMALB, baik negeri maupun yang dikelola oleh masyarakat (swasta); 2.Memiliki jumlah siswa paling sedikit 60 (enam puluh) siswa/i untuk SD; 30 (tiga puluh) siswa/i untuk SMP; 10 (sepuluh) siswa/i untuk SDLB; 5 (lima) siswa/i untuk SMPLB, 30 (tiga puluh) siswa/i untuk SMA/K; dan 5 (lima) siswa/i untuk SMALB; 3.Belum pernah menerima bantuan yang sejenis; dan 4.Penerima bantuan Fasilitasi Sarana Kesenian pada sekolah yang memiliki: a. Guru/Pelatih Seni; b. Ekstrakurikuler Bidang Seni; dan c. Rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka pemanfaatan bantuan sarana kesenian.


Pelaksanaan pemberian bantuan fasilitasi sarana kesenian pada tahun 2018 dilakukan dalam dua tahap. Tahap I sebanyak 70% dari total penerima untuk proposal yang masuk pada tahun 2017 tetapi tidak terverifikasi di tahun 2017. Sedangkan Tahap II sebanyak 30% untuk proposal yang diterima pada tahun 2018. Tahap I dilakukan verifikasi pada paling lambat Bulan Februari, dan ditetapkan paling lambat April 2018. Adapun Tahap II dilakukan verifikasi paling lambat pada Bulan Juni 2018, dan ditetapkan paling lambat Bulan Agustus 2018.
Bagi sekolah yang ingin mengajukan usulan Proposal fasilitas sarana  keseniana tradisonal,kami persilahkan download petunjuk teknisnya di bawah ini:
atau

Baca juga:

Berikut ini kami bagikan soal-soal SBMPTN tahun 2015 yang terdiri atas beberapa kode soal sesuai dengan jurusan yang diminati,baik IPA,IPS dan soal Campuran.
  1. Naskah Soal SBMPTN 2015 Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) Kode Soal 522 .pdf
  2. Naskah Soal SBMPTN 2015 Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD SoshumKode Soal 721.pdf
  3. Naskah Soal SBMPTN 2015 Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) Kode Soal 622.pdf
  4. Kunci Jawaban SBMPTN 2015 Lengkap.pdf
Berikut ini kami bagikan soal-soal SBMPTN tahun 2014 yang terdiri atas beberapa kode soal sesuai dengan jurusan yang diminati,baik IPA,IPS dan soal Campuran.
  1. Naskah Soal SBMPTN 2014 Tes Kemampuan Ilmu Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) Kode Soal 752.pdf
  2. Naskah Soal SBMPTN 2014 Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) Kode Soal 612.pdf
  3. Naskah Soal SBMPTN 2014 Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) Kode Soal 512.pdf
  4. Kunci Jawaban SBMPTN 2014 Lengkap.pdf
Berikut ini kami bagikan contoh soal prediksi Ujian Nasional jenjang SMA Program IPA Mata pelajaran Biologi serta mata pelajaran lainnya lengkap dengan kunci jawaban dalam format PDF.
  1. Soal PRA UJIAN NASIONAL BIOLOGI SMA KODE A .pdf
  2. Soal PRA UJIAN NASIONAL BIOLOGI SMA KODE B .pdf
  3. Soal PRA UJIAN NASIONAL KIMIA SMA KODE B .pdf
  4. Kunci Jawaban Soal Prediksi UN SMA 2016 Program Studi IPA .pdf
  5. Kunci Jawaban Soal Prediksi UN SMA 2016 Program Studi IPA .pdf
  6. Soal PRA UJIAN NASIONAL FISIKA SMA KODE B.pdf
  7. Kunci Jawaban Soal Prediksi UN SMA 2016 Program Studi IPA .pdf
  8. Kunci Jawaban Soal Prediksi UN SMA 2016 Program Studi IPA .pdf
  9. Kunci Jawaban Soal Prediksi UN SMA 2016 Program Studi IPA .pdf
  10. Kunci Jawaban Soal Prediksi UN SMA 2016 Program Studi IPA .pdf
  11. Soal PRA UJIAN NASIONAL MATEMATIKA IPA SMA KODE B .pdf
  12. Kunci Jawaban Soal Prediksi UN SMA 2016 Program Studi IPA .pdf
  13. Kunci Jawaban Soal Prediksi UN SMA 2016 Program Studi IPA .pdf
  14. Kunci Jawaban Soal Prediksi UN SMA 2016 Program Studi IPA .pdf
  15. Kunci Jawaban Soal Prediksi UN SMA 2016 Program Studi IPA .pdf
  16. Soal PRA UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA IPA_IPS SMA KODE B.pdf
  17. Soal PRA UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA IPA_IPS SMA KODE A .pdf
  18. Soal PRA UJIAN NASIONAL BAHASA INGGRIS SMA KODE A.pdf
  19. Kunci Jawaban Soal Prediksi UN SMA 2016 Program Studi IPA .pdf
  20. Soal PRA UJIAN NASIONAL MATEMATIKA IPA SMA KODE A.pdf
  21. Kunci Jawaban Soal Prediksi UN SMA 2016 Program Studi IPA .pdf
  22. Soal PRA UJIAN NASIONAL BAHASA INGGRIS SMA KODE A .pdf
  23. Soal PRA UJIAN NASIONAL FISIKA SMA KODE A .pdf
  24. Soal PRA UJIAN NASIONAL KIMIA SMA KODE A.pdf
  25. Soal PRA UJIAN NASIONAL BAHASA INGGRIS SMA KODE B.pdf
Demikian materi serta informasi seputar petunjuk Teknis Usulan Fasilitas sarana kesenian sekolah tahun anggaran 2018 dari Kememndikbud.Semoga petunjuk tersebut bisa membantu rekan guru untuk bisa mengajukan permohonan bantuan fasilitas sarana kesenian di sekolah.

Subscribe to receive free email updates: