KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER KELAS 7,8 DAN 9 SMP/MTs KURIKULUM 2013


Berdasarkan Permendikbud nomor 53 tahun 2015 tentang penilaian hasil belajar oleh Pendidik dan satuan pendidikan pada pendidikan Dasar dan Menengah ternyata berlaku bagi sekolah yang melaksanakan Kurikulum 2013 maupun sekolah yang melaksanakan Kurikulum 2006.Hal ini sesuai dengan bunyi pasal 2 Permendikbud nomor 53 tahun 2015 yang menyatakan bahwa Peraturan Menteri ini bertujuan untuk mengatur nilai hasil belajar siswa oleh pendidik satuan pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menegah.
KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER KELAS 7,8 DAN 9 KURIKULUM 2013

Berdasarkan Permendikbud nomor 53 tahun 2015 dinyatakan tidak berlaku dan di rubah menjadi Permendikbud nomor 23 tahun 2016 tentang Revisi Penilaian Kurikulum 2013.Berikut ini istilah-istilah yang mengalami perbuhan:
  1. Istilah KKM berubah menjadi KBM(Ketuntasan Belajar Minimal )
  2. Istilah UH berubah menjadi PH(Penilaian Harian )
  3. Istilah UTS berubah menjadi PTS ( Penilaian Tengah Semester )
  4. Istilah UAS berubah menjadi PAS ( Penilaian Akhir Semester )
  5. Istilah UKK berubah menjadi PAT ( Penilain Akhir Tahun )
Dalam Pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada Kurikulum 2013 Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan adalah proses pengumpulan informasi / data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis dalam bentuk penilaian akhir dan ujian sekolah / madrasah dan digunakan untuk penentuan kelulusan dari satuan pendidikan. Lingkup penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah mencakup aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.
Baca juga : Instrumen Supervisi Kurikulum 2013 SMP/MTs
Untuk penilaian pada semester pertama istilah terbaru yaitu Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.

Hasil penilaian akhir semester selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian rapor.

Berikut ini kisi-kisi Penilaian Akhir Semester (PAS ) ganjil tahun pelajaran 2017/2018 Kelas 7,8 dan 9 Kurikulum 2013  yang bisa bapak/ibu guru unduh sebagai dasar pembuatan Soal serta pengembangan soal.
KELAS 7
KELAS 8 
KELAS 9

Demikian materi serta informasi seputar kisi-kisi Penilaian Akhir Semester (PAS ) ganjil tahun pelajaran 2017/2018 Kelas 7,8 dan 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 yang dapat saya bagikan pada kesempatan malam ini.Semoga bermanfaat.


Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER KELAS 7,8 DAN 9 SMP/MTs KURIKULUM 2013"