Penjelasan Kegiatan Ekstrakulikuler Kokulikuler dan Intrakulikuler sekolah pada Kurikulum 2013 jenjang SD-SMP dan SMA

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam Pendidik Indonesia

Selamat malam sahabat pendidik serta rekan tenaga kependidikan yang ada di seluruh nusantara.Selamat datang dan berjumpa kembali dengan saya di blog wawasanpendidikandasar.com.Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Penjelasan Kegiatan Ekstrakulikuler Kokulikuler dan Intrakulikuler sekolah pada Kurikulum 2013 bagi sekoalh yang akan atau sedang melaksanakan kegiatan pembelajaran kurikulum 2013.
Aplikasi Excel pengolahan nilai kurikulum 2013
Kurikulum 2013
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang dikeluarkan oleh Kemeneterian pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.Kurikulum 2013 sendiri merupakan kurikulum yang mengutamakan pemahaman ,skil dan karakter individu.dimana siswa dituntut untuk paham materi,aktif di dalam proses kegiatan diskusi dan presentasi serta siswa dituntut untuk memiliki sikap sopan santun serta memiliki disiplin yang tinggi.

Pada kesempatan yang lalu saya telah berbagi materi seputar Buku panduan Pelaksanaan Kurikulum 2013 untuk jenjang SD/SMP/SMA.Bagi yang belum mimiliki silahkan download di sini.Buku ini berisi tentang petunjuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Hari sekolah digunakan bagi peserta didik  untuk melaksanakan kegiatan intrakulikuler,kokulikuler dan kegiatan ekstarkulikuler.Kegiatan intrakulikuler merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk pemenuhan kurikullum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kegiatan kokulikuler adalah kegiatan yang digunakan untuk penguatan atau pendalaman kompetensi dasar atau indikator pada mata pelajaran/bidang sesuai denagn kurikulum.Contoh kegiatan kokulikuler adalah kegiatan pengayaan mata pelajaran ,kegiatan ilmiah,pembimbingan kegiatan seni dan budaya,dan atau bentuk kegiatan lainnya untuk penguatan karakter peserta didik.

Sedangkan pengertian kegiatan ekstrakulikuler merupakan kegiatan di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan potensi,bakat,minat,kemampuan,kepribadian,kerjasama serta kemandirian para peserta didik secara optimal untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan.

Contoh kegiatan ekstrakulikuler disekolah antara lain:kegiatan krida,kegiatan ilmiah,latihan olah bakat/olah minta.dan keagamaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kegiatan kokulikuler dan kegiatan ekstarkulikuler dapat dilaksanakan di dalam lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah.Dapat dilakasanakan kerjasama antar sekolah ,sekolah dengan lembaga keagamaan,maupun sekolah dengan lembaga lain yang terkait.

Untuk lebih jelasnya mengenai kegiatan ekstarkulikuler,kokulikuler serta kegiatan intrakulikuler di sekolah,kami persilahakn untuk download di sini atau klik langsung di sini

Selain itu jika rekan guru belum memiliki penyusunan jadwa pembelajaran Pelaksanaan Kurikulum 2013 jenjang SD-SMP dan SMA bisa unduh Jadwal pelajaran berdasarkan tema pelaksanaan kurikulum 2013

Aplikasi excel pengolahan nilai dan rapor kurikulum 2013 terbaru tahun 2017 silahkan Download di sini

Demikian materi seputar Penjelasan Kegiatan Ekstrakulikuler Kokulikuler dan Intrakulikuler sekolah pada Kurikulum 2013 jenjang SD-SMP dan SMA yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini.Semoga bisa dijadikan sebagai bahan rujukan bagi rekan guru di sekolah.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Subscribe to receive free email updates: