Pengertian adaptasi,macam-macam adaptasi dan contoh adaptasi materi IPA SD/MI

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam Pendidik Indonesia,

Selamat malam sahabat guru yang ada di seluruh nusantara,selamat datang dan berjumpa kembali dengan saya masih di blog wawasanpendidikandasar.com.Pada kesempatan malam ini saya akan berbagi materi tentang pengertian adaptasi,macam-macam adaptasi serta contoh-contoh bentuk adaptasi hewan.

Pengertian adaptasi adalah penyesuai diri makhluk hidup terhadap lingkungannya.Tujuan makhluk hidup beradaptasi adalah agar tetap bisa bertahan hidup serta dapat melestarikan jenisnya.Makhluk hidup perlu adaptasi juga bertujuan agar dapat memperoleh makanan di sekitar lingkungannya.Adaptasi diperlukan oleh setiap makhluk hidup karena wilayah di bumi ini baik daratan mauun perairan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.Misalkan saja daerah kutuh utara dan selatan memiliki suhu yang sangat dingin sekali dan banyak cadangan airnya.Berbeda denagn daerah guru pasir yang gersang dan tidak banyak mengandung air.Dari kedua tempat tersebut,kita dapat membedakan bentuk fisik hewan yang tinggal di kutub maupun di gurun.

Lingkungan tempat tinggal makhluk hidup berkembangbiak dan mencari makanannya disebut dengan habibat.jadi habitat adalah tempat tinggal makhluk hidup.Pada umumnya,makhluk hidup yang sudah tinggal di habitat tertentu,maka akan sulit untuk bisa beradaptasi dengan daerah yang baru.Berbeda dengan manusia yang mudah beradaptasi denagn lingkungannya.Jikahewan tersebut tidak bisa beradaptasi dengan lingkungannya,maka hewan tersebut akan mati.

Adaptasi dalam mata pelajaran IPA dibagi manjadi 3 macam yaitu adaptasi Morfologi(bentuk tubuh),Fisiologi(fungsi alat tubuh) dan adaptasi tingkah laku.

1.Adaptasi Morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh makhluk hidup atau alat-alat tubuh makhluk hidup terhadap lingkungan tempat tinggalnya.Pada adaptasi ini biasanya bentuk penyesuaiannya adalah bentuk paruh,bentuk paruh maupun bentuk tubuh secaar keseluruhan.Adaptasi pada bentuk tubuh ini menyesuaiakn bentuk tubuhnya dengan cara ia mendapatkan makanan dan menyesuaiakn bentuk tubuhnya dengan bagaimana ia tinggal di lingkungan tersebut.

2. Adaptasi Fisiologi adalah penyesuaian fungsi alat tubuh suatu makhuk hidup terhadap keadaan linkungannya.Adaptasi ini tidak dapat dilihat langsung oleh mata .Karena pada adaptasi ini menyangkut tentang fungsi-fungsi organ bagian dalam makhluk hidup denagn linkungannya.Seperti jantung manusia untuk beradaptasi denan daerah tinggi.

3. Adaptasi tingkah laku adalah cara makhluk hidup beradaptasi denagn lingkungannya dalam bentuk tingkah laku.Adaptasi tingkah laku ini berhubungan dengan tindakan makhluk hidup untuk beradaptasi atau berkaitan erat dengan melindungi diri dari mangsanya.

Contoh adaptasi Morofologi adalah:
  • Tumbuhan kaktus memiliki daun kecil,batang tebal dan berlapis lilin serta memiliki akar yang panjang dan lebar agar menancap ke dalam tanah serta memperoleh air.
  • Kelinci guru memiliki telinga yang besar untuk medinginkan tubuhnya.
  • Katak guru memiliki kaki bertanduk yang berfungsi untuk menggali lubang hingga mencapai 3 meter.
  • Bentuk paruh dan kakai pada itik.Bentuk paruh lebar dan panjang untuk mencari makanan di lumpur sedangkan kaki berselaput berguna untuk berenang dan mencari makanan di dalam lumpur.
Contoh Adaptasi Fisiologi adalah:
  • Pada saat kita berada di daerah yang tinggi seperti di puncak gunung atau bukit yang tinggi manusi memproduksi butir darah merah yang banyak agar lebih banyak mengikat oksigen.Sebab di dataran tinggi admosfirnya lebih kecil dari pada dataran rendah sehingga sedikit oksigen yang dapat masuk ke tubuh kita.
  • Ikan yang hidup di daerah asin lebih pekat mengeluarkan urin dari pada ikan yang hidup di air tawar.
Contoh Adaptasi Tingkah laku
  • Bunglon mengubah warna kulit pada tubuhnya untuk mengelabuhi musuhnya yang mau mendekat dan mengancam keselamatannya.Atau bisa juga merubah warna tubuhnya agar ebih mudah mendapatkan mangsanya.
  • Peristiwa autotomi atau terputusnya ekor cicak untuk mengelabuhi musuhnya.
  • Ikan paus dan lumba-lumba secara berkala akan muncul kepermukaan air untuk mengambil oksigen atau bernafas.
  • Rayap yang kulitnya mengelupas maka akan dimakan kembali oleh rayap tersebut.Hal ini dilakukan karena didalam kulit rayap tersebut ada usus rayap ikut mengelupas dan usus tersebut memiliki flagelata yang menghasilkan enzim selulosa yang dapat mencerna kayu.
Demikian materi tentang Pengertian adaptasi,macam-macam bentuk adaptasi serta contoh-contoh adaptasi hewan dan tumbuhan.Semoga bisa bermanfaat.

Wassalamu'alikum Wr.Wb.




Subscribe to receive free email updates: