Cara perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan materi IPA Sekolah dasar

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam Pendidik indonesia,

Selamat malam sahabat guru yang ada di seluruh nusantara,selamat datang dan berjumpa kembali dengan saya masih tetap di blog wawasanpendidikandasar.com.Pada kesempatan malam hari ini saya akan berbagi amteri seputar cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan untuk mata pelajaran IPA kelas 6 semester 1 serta sebagai materi pendalaman persiapan soal-soal ujian nasional.

Salah satu ciri makhluk hidup adalah berkembangbiak.Berkembangbiak artinya jumlah individu jumlahnya semakin bertambah.Tujuan makhluk hidup berkembangbiak adalah untuk melestarikan keturunannya atau jenisnya.Pada kesempatan kali ini saya akan membahas perkembangbiakan hewan dan  tumbuhan.Cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan di bagi menjadi 2 macam yaitu perkembangbiakan secara kawai(generatif) dan 2 perkembangbiakan secara tidak melalui perkawinan atau vegetatif.

Perkembangbiakan hewan secara vegetativ dapat dikelompokan menjadi 3 cara yaitu:
1. Membelah diri
   Memeblah diri artinya hewan tersebut membelah tubuhnya menjadi 2 bagian denagn susunan yang      sama.Contoh hewan yang membelah diri adalah:Amoeba,Paramecium dan Protozoa.Hewan ini            termasuk hewan renik atau titdak dapat dilihat oleh mata secaar langsung.Harus menggunakan kaca    pembesar atau  microskop.
2. Tunas
   tunas terbentuk dari dinding tubuh induk yang membesar.Setelah dewasa tunas akan melepaskan        diri dari induknya dan tumbuh menjadi individu baru.Contohnya adalah hewan Hydra
3. Fragmentasi
   Fragmentasi adalah pemotongan bagian tubuh induk.Pemotongan tubuh tersebut akan tumbuh            menjadi individu baru.Contohnya adalah cacing pita dan Planaria.

Adapun perkemabngbiakan hewan secara generatif atau melalui proses perkawinan antara lain di bagi menjadi 3 macam yaitu:
1. Bertelur(Ovipar)
  adalah perkembangbiakan hewan dengan cara mengeluarkan telur dari tubuh induk betina yang           telah dibuahi oleh sel jantan.Contoh hewan yang brekembangbiak dengan cara ovipar adalah                ayam,itik,burug,ikan dan serangga.
2. Beranak(Vivipar)
   adalah perkembangbiakan hewan dengan cara melahirkan anaknya yang baru dari hasil perkawinan    antara betina dan jantan.Jadi hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan pasti mengalami  masa mengandung.Dan amsa mengandung hewan berbeda-beda.Contoh hewan yang                     berkembangbiak dengan cara vivipar adalah sapi,kelinci,kucing dan kambing 
3. Bertelur dan melahirkan(Ovovivipar)
  adalah perkembangbiakan pada hewan yang terjadi hewan hewan jantan membuahi sel telu betina  kemudian dalah sel telur tersebut terdapat janin.Tetapi ketika keluar dari induknya masih beruap  telur tapi di dalamnya sudah berisi anakan atau individu baru.
 contohnya adalah; ular dan kadal.

Perkembangbiakan Tumbuhan
Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif dapat dikelompokan menjadi dua macam yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan.

a.Vegetatif alami terdiri atas:
  1. Umbi lapis contohnya:bawang merah,bawang putih dan bunag lili
  2. Umbi batang contohnya: kentang dan ubi jalar
  3. umbi akar contohnya : bunga dahlia dan wortel
  4. Geragih(stolon) contohnya :arbei,semanggi,pegagan,dan rumpu teki.
  5. akar tinggal(Rizoma) contohnya : jahe,kunyit,lengkuas dan temu lawak
  6. Tunas contohnya : pisang,bambu dan tebu
  7. Spora contohnya: tumbuhan paku dan jamur

b.Vegetatif buatan terdiri atas
  1. Mencangkok:tumbuhan yang dapat dicangkok adalah dikotil contohnya mangga,jambu dan jeruk
  2. stek adalah perkembangbiakan dengan cara menanam potongan dari bagian dari suatu tumbuhan.bagian tumbuhan yang dapat distek adalah batang,daun,pucuk tumbuhan,atau akar.stek batang biasanya dilakukan pada tumbuhan tebu dan ketela pohon.
  3. Okulasi dilakukan dengan cara menempelkan tunas tumbuhan satu ketumbuhan yang lainnya.contohnya mangga,jeruk dan durian
  4. Mengenten dilakukan dengan cara menyambung 2 tanaman yang berbeda tetapi masih satu jenis.mislnya jeruk,jambu dan durian
  5. Merunduk dilakukan pada tumbuhan yang menjalar dan berbuku-buku.contohnya adalah melati,alamanda dan apel.
Demikian kumpulan materi tentang Cara perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan untuk siswa SD/MI.Semoga bisa menambah pengetahun para pembaca serta bisa dijadian sumber rferensi di sekolah.

Wassallamu'alaikum Wr.Wb.

Subscribe to receive free email updates: