RPP Kurikulum 2013 SD/MI Revisi tahun 2017

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam Pendidik Indonesia,

Selamat malam sahabat guru yang ada di seluruh Indonesia,Selamat datang dan  berjumpa kembali dengan saya masih di blog wawasanpendidikandasar.com.Pada kesempatana malam ini,saya akan berbagi materi tentang adaministrasi pembelajaran .RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 2,3,4 dan 5 SD/MI Revisi tahun 2017 Administrasi pembelajaran ini kita buat setiap awal semester sebelum melakukan kegiatan pembelajaran di kelas.Administrsi pembelajaran ini berguna sebagai bukti fisik bagi kita,kalau kita telah melkasanakan kegiatan pembelajaran di kelas.
RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 2,3,4 dan 5 SD/MI Revisi tahun 2017
Administrasi Program Pembelajaran Adalah Kegiatan Yang meliputi Pengaturan Seperangkat Program Pengalaman Belajar Yang di Susun Untuk Mengembangkan Kemampuam Siswa Sesuai Dengan Tujuan Sekolah  Dalam Rangka Terciptanya Proses Belajar Mengajar Yang Efektif Dan Efisien .Di mana Administrasi ini Sangat Perlu Atau Sangat Penting Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar ( SD ).

Cara pelaksanaan dalam menyusun suatu program pembelajaran adalah di mana adanya kerjasama antara kepala sekolah,guru,serta staf yang ada di sekolah tersebut untuk melaksanakan kegiatan yang di namakan rapat.di  mana kegiatan belajar mengajar itu di lakukan berdasarkan penyusunan program yg telah di buat pada Sekolah tersebut.penyusunan program tersebut harus di lakukan pada menjelang pembukaan tahun ajaran baru oleh pihak sekolah.


Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.

Selanjutnya menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus.

Sementara itu menurut Panduan Teknis Penyusunan RPP di Sekolah Dasar, RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemua atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Setiap pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.


Pengembangan RPP dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan. Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar merupakan pendekatan pembelajaran Tematik Terpadu dari kelas I sampai kelas VI.

Administarsi pembelajaran ini sebagai alat guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.RPP kurikulum 2013 SD  ini merupakan hasil revisi tahun 2017 yang telah dikembangkan oleh tim penyusun perangkat pembelajaran.

RPP kurikulum 2013 ini menggunakan program microosoft word sehingga rekan guru mudah mengeditnya.RRP Kurikulum 2013 ini merupakan perangkat pembelajaran yang wajib di buat oleh seorang guru sebagai bukti fisik telah melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Perangkat pembelajaran wajib dibuat oleh rekan guru sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.Administrasi pembelajaran biasanya di buat pada awal semester maupun pada tahun ajaran baru.

Administrasi pembelajaran merupakan perangkat pembelajaran yang wajib di buat oleh guru di awal semester maupun pada tahun pelajaran baru.Administrasi pembelajaran digunakan sebagai bahan acuan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas.Perangkat administrasi pembelajaran guru kelas maupun guru mata pelajaran antara lain seperti RPP,Silabus,Promes,Prota,Standar isi,Kurikulum,Pemetaan SK/KD serta administrasi pendukung lainnya.

Tujuan dari pembuatan administrasi pembelajran kelas adalah agar semua kegiatan yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang aktif,efektif,efisien,gembira dan berbobot.Selain itu Administrasi pembelajaran merupakan bukti fisik jika kita telah melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.

Bagi rekan guru/kepala sekolah yang ingin mengunduh Perangkat pembelajaran  RPP Kurikulum 2013 SD/MI Revisi tahun 2017  ,kami persilahkan download di bawah ini gratiss...
Demikian materi tentang RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 2,3,4 dan 5 SD/MI Revisi tahun 2017 yang dapat saya bagikan pada kesempatan malam ini.Semoga bisa dijadikan sebagai sumber referensi di sekolah.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Subscribe to receive free email updates: