Cara membuat Kode Barcode dengan menggunkan Microsoft excel

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam Pendidik Indonesia

Mengolah data yang berkaitan dengan angka tidak lepas darai program excel.Hampir setiap sekolah dan perkantoran yang bekerja dengan komputer pasti pasti berurusan dengan mivrosoft Excel.Mengetahui fungsi-fungsi dari Microsft excel dan rumuas-rumus Excel perlu diperlukan untuk menunjang kerja kita dalam emngolah administrasi sekolah atau kantor.Tipe data yang digunakan oleh microsoft excel juga sanag beragam dan sesuai dengan kebutuhan kita seperti Curren,date,Text,Number dll.Seiring dengan kemajuan teknologi penggunaan kode yang biasanya menggunakan angka dan huruf,kini lebih sudah mulai beralih menggunakan barkode ,walupun barkode itu sendiri terdiri dari angka dan huruf.

Tujuan dari penggunaan kode barcode sendiri agar memudahkan memindai barang tertentu yang sudah diberikan kode barcode dengan alat pindai barcode.Permasalahnya jika dalam pendataan menggunakan Microsoft Excel belum ada jenis data barcode yang bisa kita pilih sebagai data kode.Sebagai solusinya Microsoft Excel dapat mengkonversi data angka ke kode barcode dengan menyertakan jenis fonts barcode. Ada beberapa jenis fonts barcode yang dapat anda gunakan secara gratis seperti free 3 of 9 extended, C39P24DMTt dan IDAutomationHC39M. Ketiga jenis fonts ini dapat anda unduh di internet secara gratis.
Bagi rekan guru yang ingin mencoba membuat barkode,kami persilahakn download tutorialnya di bawah ini:


                                    Cara Jitu untuk membuka Sheet Aplikasi excel yang di Protect

                                     Aplikasi Rumus Cara Menghitung Usia Siswa Secara Otomatis

Demikian sedikit pengetahuan tentang Cara membuat Kode Barcode dengan menggunkan Microsoft excel yang dapat saya bagikan kepada rekan guru.Semoga tutorial tersebut bisa menambah wawasan kita tentang program tentang microsoft Excel.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Subscribe to receive free email updates: