Contoh pembuatan PTK bagi Guru SD/MI

 Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam Pendidik Indonesia!!!
Selamat siang bapak/ibu guru serta para pengunjunn yang budiman,Alhamdulillah semoga samapi detik ini kita masih diberikan kekuatan,kesehatan dan waktu luang agar bisa beraktivitas seperti hari-hari biasanya.Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1437H.Semoga amalan ibadah Puasa Ramadhan tahun ini diterima oleh Allloh SWT.
Pada kesempatan yang berbahagia ini,saya kan berbagi contoh PTK ynag telah saya kumpulkan dari berbagai sumber.Bagi guru yang sudah memiliki golongan ruang III c keatas diwajibkan membuat PTK tiap tahunnya.Hal ini merupakan salah satu syarat untuk kenaikan pangkat bagi PNS.Sebelumnya kita haru stahu dulu apa itu PTK(Penelitian Tindakan Kelas )
Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.
PENGERTIAN Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berkembang dari istilah penelitian tindakan (action research) (Sanjaya, hal. 24). Oleh karena itu, untuk memahami pengertian PTK perlu ditelusuri pengertian penelitian tindakan terlebih dahulu. Penelitian tindakan mulai berkembang di Amerika dan berbagai negara di Eropa, khususnya dikembangkan oleh mereka yang bergerak di bidang ilmu sosial dan humaniora (Basrowi & Suwandi, hal. 24-25). Orang-orang yang bergerak di bidang itu dituntut untuk terjun mempraktikkan suatu tindakan atau perlakuan di lapangan. Mereka berarti langsung mempraktikkan tindakan yang telah direncanakan dan mengukur kelayakan tindakan yang diberikan tersebut. Menurut Kemmis (1988), penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian reflektif dan kolektif yang dilakukan peneliti dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran praktik sosial mereka (Sanjaya, hal. 24). Dalam hal ini, penelitian tindakan memiliki kawasan yang lebih luas daripada PTK. Penelitian tindakan diterapkan di berbagai bidang ilmu di luar pendidikan, misalnya dalam kegiatan praktik bidang kedokteran, manajemen, dan industri (Basrowi & Suwandi, hal. 25). Bila penelitian tindakan yang berkaitan pada bidang pendidikan dilaksanakan dalam kawasan sebuah kelas, maka penelitian tindakan tindakan ini disebut PTK
TUJUAN PTK Tujuan PTK adalah memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah (Muslich, hal. 10). Menurut Suyanto (1997), tujuan PTK adalah meningkatkan dan/atau memperbaiki praktik pembelajaran di sekolah, meningkatkan relevansi pendidikan, meningkatkan mutu pendidikan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan (Basrowi & Suwandi, hal. 54).

Berikut ini contoh-contoh PTK beserta Judulnya

1. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI  MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI UMBULWIDODO NGEMPLAK SLEMAN 


2. PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 TIPARKIDUL AJIBARANG BANYUMAS TAHUN 2011/2012 
 
3. PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN, SISWA KELAS V SD N NGARGOSARI, NGARGOSARI SAMIGALUH, KULON PROGO


Sumber dari :

http://penelitiantindakankelas.blogspot.co.id/p/ptk-sd.html

 Berikut ini beberpa PTK yang dapat pengunjung gunakan sebagai referensi ketika membuat PTK.Langsung saja silahkan download link nya di bawah ini:
1.PTK Mapel Pkn bermain Peran KLIK DISINI
2. PTK Mapel IPA Kelas 5  KLIK DISINI
3. PTK IPA Kelas 5 KLIK DISINI
4. PTK IPA Benda padat Kelas 5 KLIK DISINI 
5. PTK PKn Kelas 5 KLIK DISINI
6. Laporan PKP Matematika KLIK DISINI 
7. PTK Mapel PAI KLIK DISINI 

Demikian beberapa wawasan pendidikan yang dapat saya sampaikan.semoga bermanfaat bagi para pengunjung semuanya.Silahkan tinggalkan saran dan komentar yang bersifat membangun agar blog ini semakin maju dan bertambah baik kedepannya.
wassalamu'alaikum Wr.Wb.






 

Subscribe to receive free email updates: