Guru Sekolah Dasar Perlu mengetahui apa itu Gerakan Literasi Sekolah



Salam Pendidik Indonesia!!!
Assalamu'alaikum Wr.Wb
 Salam sejahtera untuk semua guru yang ada di Indonesia,semoga masih tetap semangat untuk mencerdaskan anak bangsa.Tugas guru semakin berat,karena dengan adanya tuntuan perkembangan zaman dan kemajuan dibidang teknologi.Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang Gerakan Literasi Sekolah.Terutama untuk Sekolah Dasar(SD).
Gerakan Literasi Sekolah yang digagas dan dikembangkan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah merupakan kepedulian atas rendahnya kompetensi peserta didik terutama dalam bidang Matematika,Sains dan Membaca.Data penelitian dalam progress internasional Reading Letercy Study(PIRLS).tahun 2011 menunjukan bahwa kemampuan siswa Indonesia dalam memahami bacaan berada di bawah rata-rata internasional.Melalu penguatan kompetensi Literasi,terutama literasi dasar,peserta didik diharapkan dapat memanfaatkan akses lebih luas pada pengetahuan agar rendahnya tingkat kompetesi tersebut dapat diperbaiki.
Pengertian Literasi Sekolah dalam konteks GLS adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/ atau berbicara.GLS merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruhuntuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.
1.Tujuan Umum dari GLS adalah:
Menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.
2. Tujuan Khusus
a. Menumbuhkembangkan budaya literasi di sekolah.
b. Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat.
c. Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan.
d. Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca.

Ruang Lingkup GLS adalah Lingkungan fisik sekolah (fasilitas dan sarana prasarana literasi). Lingkungan sosial dan afektif (dukungan dan partisipasi aktif seluruh warga
sekolah). Lingkungan akademik (program literasi yang menumbuhkan minat baca dan menunjang kegiatan pembelajaran di SD).Sasaran Panduan GLS adalah pendidik, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan di SD.Target Pencapaian Pelaksanaan GLS di SD GLS di SD menciptakan ekosistem pendidikan di SD yang literat. Ekosistem pendidikan yang literat adalah lingkungan yang:
1. menyenangkan dan ramah peserta didik, sehingga menumbuhkan semangat warganya dalam belajar;
2. semua warganya menunjukkan empati, peduli, dan menghargai sesama;
3. menumbuhkan semangat ingin tahu dan cinta pengetahuan;
4. memampukan warganya cakap berkomunikasi dan dapat berkontribusi kepada lingkungan sosialnya; dan
5. mengakomodasi partisipasi seluruh warga sekolah dan lingkungan
eksternal SD.

Demikian bapak/ibu guru sekilas tentang Pengertian Gerakan Literasi Sekolah(GLS) untuk Sekolah Dasar.Untuk lebih lengkap dan detailnya bapak ibu guru bisa mendownload buku panduan yang sudah disiapkan oleh Kemendikbud.Silahkan KLIK DISINI  
untuk mendownload buku panduan GLS.dan bapak ibu guru juga bisa mendownload Buku Saku GLS 

Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Wr.wb







Subscribe to receive free email updates: