PENYAKIT KENCING BATU



CIRI-CIRI PENYAKIT KENCING BATU

Ginjal adalah organ vital yang sangat rentan akan berbagai penyakit yang bisa timbul salah satunya adalah batu ginjal, hal ini harus anda waspadai baik itu pria atau wanita karena keduanya rentan akan penyakit ginjal, apalagi untuk anda yang aktifitasnya hanya duduk.
Penceghan akan penyakit kencing batu ini sangat diperlukan sekali untuk menghindari berbagai resiko pada ginjal atau sistem pencernaan anda maka dari itu akan kami informasikan mengenai penyakit kencing batu, ciri ciri penyakit kencing batu yang paling umum, serta tips pencegahan dan pengobatan alami tanpa operasi.
Kencing batu atau yang biasa juga dikenal dengan batu ginjal adalah salah satu gangguan kesehatan yang biasanya mengganggu saluran kandung kemih. Batu ginjal terbentuk ketika perubahan terjadi dalam keseimbangan normal air, garam, mineral, dan hal lain yang ditemukan dalam air seni. Jenis yang paling umum dari batu ginjal berasal dari kalsium yang bercampur dengan oksalat atau phosphate. Bentuk dan wujudnya bisa bermacam-macam tergantung dari komposisinya, bisa halus, bergerigi bahkan ada yang sebesar bola golf.
Berikut beberapa penyebab terjadinya pembentukan batu ginjal yang menyebabkan timbulnya penyakit kencing batu :
  1. Kekurangan vitamin A, Kelebihan vitamin B.
  2. Tingginya kadar kalsium sistin, oksalat, asam urat, dan natrium dalam urin.
  3. Senyawa tersebut merupakan penyebab utama terjadinya pengkristalan mineral.
  4. Infeksi pada saluran kemih, Tekanan darah tinggi, Gaya hidup yang buruk.
  5. Obesitas, Kolesterol tinggi tanpa memperhatikan asupan makanan yang sehat.
  6. Kekurangan cairan, jika seseorang kekurangan cairan maka dapat memicu terbentuknya batu pada ginjal.
                               
Lazada Indonesia

Adapun Gejala Ciri Ciri Penyakit Kencing Batu

  1. Rasa sakit dan bengkak pada mata, juga apabila terjadi pada usia dini/anak timbul gejala bengkak pada tangan/kaki
  2. Batu di dalam kandung kemih bisa menyebabkan nyeri di perut bagian bawah
  3. Rasa nyeri hebat yang hilang-timbul, biasanya di daerah punggung antara tulang rusuk dan tulang pinggang, yang menjalar ke perut, daerah kemaluan dan paha dalam.
  4. Mual dan muntah, perut menggelembung, demam, menggigil dan darah di dalam air kemih. Penderita mungkin menjadi sering berkemih, terutama batu melewati ureter.
  5. Kencing batu bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Jika batu menyumbat aliran kemih, bakteri akan terperangkap di dalam air kemih yang terkumpul diatas penyumbatan, sehingga terjadilah infeksi.
  6. Jika penyumbatan ini berlangsung lama, air kemih akan mengalir balik ke saluran di dalam ginjal, menyebabkan penekanan yang akan menggelembungkan ginjal (hidronefrosis) dan pada akhirnya bisa t
  7. Kesulitan saat baung air kecil serta dadakan saat malan hari, air seninya mengalami perubahan bisa keruh, berdarah kalau sudah parah.
  8. Terjadi kerusakan ginjal.
Dalam pencegahannya anda bisa memahami beberapa ciri ciri penyakit kencing batu yang telah dipaparkan dan dibantu dengan melakukan gaya hidup sehat, pola makan yang teratur, gizi yang seimbang, konsumsi air mineral minimal 8gelas perhari, untuk anda yang memiliki aktifitas duduk sebaiknya perbanyak konsumsi air mineral, olahraga teratur dan istirahat yang cukup membantu menstabilkan daya tahan tubuh untuk tetap maksimal tanpa terserang berbagai penyakit yang beresiko.

Subscribe to receive free email updates: