ciri-ciri penyakit diabetes



Ciri ciri penyakit gula atau yang juga sering disebut dengan diabetes ini pada awalnya tidak terlihat seperti ciri atau gejala penyakit berat. Oleh karena itu masyarakat terkadang menyepelekannya, hingga tidak mempedulikannya dan akhirnya tidak diobati atau segera ditangani. Ketika Anda sakit, mungkin ada baiknya Anda periksakan ke dokter untuk mengetahui secara pasti dan secara jelas apa penyebab penyakitnya dan apa jenis penyakitnya. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari hal-hal buruk yang tentunya sangat tidak Anda inginkan. Misalnya seseorang sebenarnya sudah menderita penyakit gula sejak lama. Namun penyakit tersebut baru diketahui setelah sekian lama karena munculnya penyakit lain. Hal ini dikarenakan penyakit gula ini terkadang juga bisa terdeteksi karena munculnya penyakit lain.
Mengetahui Berbagai Macam Ciri Ciri Penyakit Gula
Penyakit gula dari diabetes ini tak bisa dipungkiri menjadi salah satu jenis penyakit yang cukup ditakuti, karena risiko terburuknya adalah kematian. Jika tak kunjung mendapatkan penanganan khusus, seorang penderita penyakit gula juga dikhawatirkan akan mengalami banyak gejala atau ciri penyakit yang sangat menggaggu kenyamanan. Bahkan jika dibiarkan, penyakit tersebut bisa semakin parah dan semakin menggerogoti kesehatan penderitanya. Lalu apa solusinya? Secara umum, solusinya jelas dengan memeriksakan kondisi Anda ke dokter dan mulai melakukan pengobatan secara intensif. Akan tetapi sebelum mengetahui hal tersebut, sebaiknya Anda ketahui dilu beberapa ciri ciri penyakit gula yang mungkin bisa Anda alami dan tentunya bisa membuat Anda semakin waspada.
  1. Banyak Buang Air Kecil
Ciri ciri penyakit gula yang pertama adalah ketika Anda sangat sering buang air kecil. Mungkin jika dilihat sekilas mata dan tanpa pemeriksaan lebih lanjut, hal ini dianggap sebagai masalah yang sepele. Mungkin dianggap sebagai fenomena kedinginan, terlalu banyak minum, dan sebagainya. Akan tetapi sebenarnya penyakit ini disebabkan karena kandungan glukosa yang terlalu banyak di dalam darah. Ketika jumlah insulin berkurang, maka fungsi atau kinerja ginjal juga tidak akan maksimal. Ginjal tidak bisa menyaring gula atau glukosa untuk dikembalikan ke darah. Dan akhirnya ginjal memperbanyak air yang diambil dari darah untuk menghancurkan glukosa. Inilah yang mengakibatkan kandung kemih Anda semakin penuh dan akhirnya Anda menjadi sering buang air kecil.
  1. Terlalu Sering Merasa Haus
Ketika jumlah insulin tidak mencukupi, fungsi ginjal tidak akan bekerja dengan baik, dan pada akhirnya yang terjadi adalah seperti yang tadi sudah dijelaskan yaitu Anda menjadi lebih sering kencing atau buang air kecil. Nah, seringnya buang air kecil tersebut tentu akan membuat Anda menjadi lebih sering merasa haus yang diakibatkan karena penghancuran glukosa yang terjadi di dalam tubuh. Kegiatan penghancuran glukosa yang terhambat akan menyedot air dari darah, sehingga untuk membuat tubuh Anda seimbang, tubuh seolah menagih air yang sudah dibuang dengan cara minum air putih.
  1. Sering Kesemutan
Ciri selanjutnya adalah tubuh merasa sering kesemutan, terutama pada bagian kaki dan juga tangan. Gejala kesemutan ini juga sering diistilahkan dengan neuropati. Gejala ini juga terjadi secara bertahap karena ternyata kadar glukosa berlebih di dalam darah akan membuat sistem saraf menjadi rusak. Akan tetapi justru gejala kesemutan ini sering dianggap sebagai kesemutan biasa saja. Padahal secara tidak langsung, kerusakan saraf bisa saja menyebar ke seluruh tubuh tanpa Anda ketahui. Dan biasanya kondisi gula darah tinggi ini baru akan Anda rasakan setelah beberapa tahun dan ketika Anda mengalami gejala yang lebih kompleks lagi.
Penyakit gula termasuk salah satu penyakit yang sulit disembuhkan namun dapat dirawat atau dikendalikan. Mengenali ciri-ciri penyakit ini penting supaya dapat segera mendapat perawatan sebelum bertambah parah. Di halaman 2 masih ada beberapa ciri penyakit gula dan juga cara mengatasinya secara alami. Berat Badan yang Turun Drastis

Ciri ciri penyakit gula yang selanjutnya adalah berat badan yang secara tiba-tiba atau secara drastis menurun atau berkurang. Bagi para penderita diabetes tipe 1 atau yang disebabkan oleh faktor genetik, biasanya akan mengalami hal ini. Ciri ciri penyakit diabetes yang satu ini diseabkan karena pankreas yang tidak lagi memproduksi insulin yang dikarenakan sel-sel pankreas yang diserang oleh virus. Akibatnya sel-sel tidak bisa mendapatkan glukosa dan tubuh tidak mendapatkan asupan energi yang cukup. Untuk menggantikan glukosa yang tidak bisa didapatkannya, sel tubuh akhirnya akan memecah jaringan otot dan juga lemak untuk menjadi energi, maka dari itu berat badan akan menurun secara drastis. Sedangkan pada penderita diabetes tipe 2, gejala ini iasanya akan terjadi secara bertahap dan tidak terlalu terlihat.
  1. Lebih Mudah Lelah dan Daya Tahan Tubuh Lemah
Ketika produksi glukosa di dalam tubuh Anda menjadi terhambat, maka ciri ciri penyakit gula kering yang lainnya adalah tubuh Ada merasa lebih mudah lelah dan daya tahan tubuh menjadi lemah. Hal ini dikarenakan terhambatnya produksi glukosa bisa mengakibatkan sel makanan yang harusnya didistribusikan ke seluruh sel di dalam tubuh tidak berjalan. Dan akibatnya adalah tidak terciptanya energi. Dan karena seseorang tidak mendapatkan asupan energi yang cukup, maka orang yang menderita penyakit gula atau diabetes biasanya akan merasa mudah lelah.
Nah, selain lima ciri ciri penyakit gula yang sudah dijelaskan tadi, ada juga beberapa gejala lain yang bisa Anda rasakan jika mungkin Anda mengalami sakit gula atau diabetes ini. Beberapa ciri tersebut diantaranya adalah pengelihatan yang kabur, kulit yang terasa kering dan gatal-gatal, sering mengalami infeksi jika luka, sering memar, dan jika luka waktu penyembuhannya biasanya akan berlangsung lama. Dan jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, sudah sepatutnya Anda segera memeriksakan diri Anda ke dokter.
Cara Mengatasi Penyakit Gula Secara Alami
Ketika ternyata Anda sudah didagnosa menderita sakit gula, yang bisa Anda lakukan adalah mengobatinya atau mengatasi penyakit tersebut atau minimal mengurangi risiko penyakit tersebut. Cara pertama adalah dengan lebih mengatur pola makan menjadi lebih sehat. Para penderita diabetes juga disarankan utnuk melakukan olahraga secara rutin. Adapun beberapa jenis makanan yang disarankan untuk para penderita diabetes, diantaranya buah apel, buah pir, aprikot, beras merah, seafood (ikan sarden, salmon dan makarel), oat, ubi jalar atau roti gandum. Dengan mengonsumsi jenis makanan tersebut, asupan zat gizi yang tidak terpenuhi di dalam tubuh bisa terpenuhi tanpa harus membahayakan kesehatan Anda. Selain itu Anda juga disarankan agar selalu mengatur pola makan atau jadwal makan Anda untuk menghindari semakin meningkatnya kadar gula darah.Terakhir, bagi Anda para penderita diabetes, biasanya juga memiliki beberapa makanan yag menjadi pantangan. Diantaranya nasi putih, kentang, pemanis buatan, kafein, gula berlebihan, nangka, dan durian.
So, setelah ini sebaiknya Anda lebih memperhatikan lagi kesehatan Anda dan lebih memperbaiki pola hidup Anda supaya menjadi lebih baik. Selain itu Anda juga kami sarankan untuk melakukan pemeriksaan gula darah sedini mungkin untuk mengetahui risiko Anda akan terkena diabetes atau penyakit gula ini. Sekian artikel tentang ciri ciri penyakit gula dan berbagai akibatnya. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: